Turis Asing ke Bali Kini Makin Mudah, Imigrasi Ngurah Rai Bikin Gebrakan Besar

Rabu, 13 Desember 2023 – 08:44 WIB
Turis Asing ke Bali Kini Makin Mudah, Imigrasi Ngurah Rai Bikin Gebrakan Besar - JPNN.com Bali
Sejumlah turis asing antre membayar fasilitas Visa on Arrival (VoA) di terminal kedatangan internasional Bandara Gusti Ngurah Rai, Bali. Foto: ANTARA/HO-Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

bali.jpnn.com, KUTA - Direktorat Jenderal Imigrasi mulai mengaktifkan pemeriksaan imigrasi secara elektronik melalui perangkat autogate di Bandara Gusti Ngurah Rai.

Pemeriksaan keimigrasian secara otomatis atau autogate ini seiring dengan meningkatnya jumlah kunjungan turis asing ke Bali pascapandemi Covid-19.

Layanan ini sekaligus untuk mempermudah para turis saat melakukan perjalanan wisata ke Bali.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Suhendra, dengan perangkat autogate ini proses pemeriksaan keimigrasian menjadi lebih cepat, akurat, efektif dan efisien, tanpa  mengesampingkan aspek pengawasan dan pengamanan.

“Keberadaan mesin autogate ini dapat memperlancar dan mempercepat proses pemeriksaan keimigrasian, tanpa berinteraksi dengan petugas imigrasi secara langsung,” ujar Suhendra.

Penggunaan perangkat autogate telah direncanakan sejak 2022, tetapi baru terealisasi pada tahun anggaran 2023.

Pekerjaan pemasangan 30 unit perangkat autogate mulai sejak awal Oktober 2023 dan akan siap untuk digunakan pada akhir Desember 2023.

Pada 2024 akan ditambahkan sebanyak 50 unit perangkat autogate.

Turis asing ke Bali kini makin mudah, Imigrasi Ngurah Rai membuat gebrakan besar dengan menyediakan layanan autogate dan elektronik VoA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News