Lihat Cara Hotel di Bali Suplai Kebutuhan Dapur, Kebun Hidroponik Jadi Andalan, Lihat Tuh

Rabu, 26 April 2023 – 19:25 WIB
Lihat Cara Hotel di Bali Suplai Kebutuhan Dapur, Kebun Hidroponik Jadi Andalan, Lihat Tuh - JPNN.com Bali
Kebun hidroponik di The Apurva Kempinski Bali yang digunakan untuk kebutuhan dapur resor saat diabadikan Rabu (26/4). Foto: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

bali.jpnn.com, NUSA DUA - The Apurva Kempinski Bali, resor yang menjadi lokasi utama G20 di kawasan Nusa Dua, Badung, punya cara sendiri untuk memenuhi kebutuhan dapur secara mandiri.

Sejak dua tahun terakhir, The Apurva berhasil membangun kebun hidroponik dengan tanaman organik, baik dalam bentuk sayuran maupun buah.

Saat ini ada pokcoy, cabai, terong, tomat ceri, kacang panjang, markisa, min, selasih, dan peperomia yang tumbuh subur di lantai 17 The Apurva Kempinski Bali.

“Jadi, beberapa sudah berhasil, tetapi beberapa lagi sudah dicoba dan gagal karena situasi di atas ada yang tidak bisa tumbuh, seperti lotus," kata Director Hygiene, Safety, and Sustainability The Apurva Kempinski Bali Desak Made Intan Sari.

Kebun hidroponik itu dibangun di atap resor, dengan dibantu sejumlah instalasi pengairan dan metode lain, serta dipasang atap pelindung sinar ultraviolet.

Tanaman organik yang ada mampu membantu 30 persen dari kebutuhan dapur, terutama bagi konsumsi karyawan.

Desak Made Intan Sari menyatakan The Apurva Kempinski Bali akan makin masif dalam pengembangan pertanian ini.

“Kendala yang terjadi saat ini masih pada kuantitas tanaman yang belum dapat memenuhi 100 persen kebutuhan meskipun sejumlah tanaman bisa langsung dipetik dan digunakan,” ujar Desak Made Intan Sari.

Lihat cara The Apurva Kempinski Bali memenuhi kebutuhan dapur untuk para tamu hotel, kebun hidroponik menjadi andalan, lihat tuh
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News