Praktisi Pariwisata Merespons Usulan Koster Cabut VoA Turis Rusia & Ukraina

Selasa, 28 Maret 2023 – 15:58 WIB
Praktisi Pariwisata Merespons Usulan Koster Cabut VoA Turis Rusia & Ukraina - JPNN.com Bali
Sejumlah turis saat menghabiskan liburan di kawasan Pantai Sanur, Kota Denpasar, Bali. Bali membutuhkan turis berkualitas, bukan yang tukang bikin onar. Foto: ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

bali.jpnn.com, JAKARTA - Keputusan Gubernur Bali Wayan Koster mengusulkan pencabutan visa on arrival (VoA) turis asal Rusia dan Ukraina memantik reaksi pro dan kontra.

Praktisi pariwisata Triawan Munaf mengatakan pemerintah sebaiknya mengkaji usulan pencabutan dokumen izin masuk sementara bagi wisatawan Rusia dan Ukraina.

"Menurut saya harus di-'review, review' ulang.

Karena itu kemudahan yang kita berikan agar 'flow' (arus) turis lebih cepat, tetapi kalau berisiko, bisa di-'review' lagi," ujar Triawan Munaf.

Komisaris Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney ini memprediksi pencabutan VoA tidak akan mempengaruhi jumlah turis asing yang datang ke Indonesia.

Mantan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) ini justru menilai turis yang masuk ke Indonesia akan tersaring.

Sebelumnya, Gubernur Koster mengusulkan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk mencabut VoA bagi warga negara Rusia dan Ukraina yang ingin berkunjung ke Bali.

Menurut Koster, kebijakan ini penting dikeluarkan mengingat maraknya laporan bahwa warga negara asing dari dua negara tersebut melakukan pelanggaran di Bali.

Praktisi Pariwisata mulai merespons usulan Gubernur Bali Wayan Koster mencabut VoA turis Rusia & Ukraina yang berkunjung ke Pulau Dewata
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News