Sandiaga Uno Kaji Usulan Gubernur Koster Cabut VoA WNA Rusia dan Ukraina

Selasa, 21 Maret 2023 – 06:31 WIB
Sandiaga Uno Kaji Usulan Gubernur Koster Cabut VoA WNA Rusia dan Ukraina - JPNN.com Bali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. ANTARA/HO-Kemenparekraf

bali.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan akan melakukan peninjauan ulang (review) terkait usulan Gubernur Bali Wayan Koster soal pencabutan visa on arrival (VoA) warga negara asing (WNA) asal Rusia dan Ukraina.

Sandiaga Uno mengungkapkan tengah membahas usulan tersebut bersama Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Pemerintah Provinsi Bali juga akan dilibatkan sambil terus memantau perkembangan terkait VoA serta memberikan informasi terbaru apabila telah ada tindak lanjut dari usulan Gubernur Bali ini.

“Tentunya kami apresiasi Pak Gubernur mewakili Pemprov Bali, ini yang kami akan lakukan review secara komprehensif.

VoA ini lintas k/l (kementerian/lembaga) dan bersifat longitudinal, yaitu berdasarkan data-data jumlah wisman yang masuk, berkualitas yang berpotensi meningkatkan pemulihan pariwisata bukan hanya di Bali, tetapi juga Indonesia,” ujar Sandiaga Uno.

Gubernur Bali Wayan Koster sebelumnya mengusulkan kepada Kemenkumham untuk mencabut visa on arrival bagi warga negara Rusia dan Ukraina yang ingin berkunjung ke Bali.

Usulan tersebut lahir setelah banyak pelanggaran yang dilakukan turis asing dari dua negara tersebut saat berlibur ke Pulau Bali.

Selain itu kondisi negara yang sedang berkonflik membuat warga negara tersebut ingin mencari kenyamanan di Bali termasuk untuk bekerja.

Menparekraf Sandiaga Uno tengah mengkaji usulan Gubernur Bali Wayan Koster mencabut VoA WNA Rusia dan Ukraina
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News