Tolong Pak Gub Koster Dengar, Bu Dubes Lyudmila Minta VoA untuk Rusia tak Dicabut

Jumat, 17 Maret 2023 – 16:42 WIB
Tolong Pak Gub Koster Dengar, Bu Dubes Lyudmila Minta VoA untuk Rusia tak Dicabut - JPNN.com Bali
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva (kedua kiri) dalam Konferensi Pers dan Mini Expo IRTTIF 2023 yang digelar di Jakarta, Jumat (17/3) menolak VoA untuk warga negaranya dicabut. Foto: ANTARA/ (Sinta Ambarwati

bali.jpnn.com, JAKARTA - Usulan Gubernur Bali Wayan Koster agar pemerintah pusat mencabut visa on arrival (VoA) untuk turis asing asal Rusia dan Ukraina mendapat respons Duta Besar (Dubes) Lyudmila Vorobieya.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia ini berharap VoA bagi wisatawan asing asal Rusia dan Ukraina tidak dicabut.

“Pertama, (usulan pencabutan) visa on arrival dibatalkan atau dicabut.

Itu hanya pengajuan atau wacana dari Gubernur Bali. Saya harap keputusan ini tidak diambil,” ujar Dubes Rusia Lyudmila Vorobieya di Jakarta, Jumat (17/3).

Sebelumnya, Gubernur Koster mengusulkan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk mencabut VoA WNA Rusia dan Ukraina yang berkunjung ke Bali.

Gubernur Koster beralasan turis asing dari dua negara tersebut kerap bikin ulah saat berwisata di Bali, seperti melanggar lalu lintas, tidak memakai helm dan baju, overstay dan melakukan tindak pidana.

Menurut Dubes Rusia Lyudmila Vorobieya, apabila kebijakan tersebut diterapkan, akan berpengaruh pada arus wisatawan negaranya yang berkunjung ke Indonesia.

Mereka bakal kesulitan saat melakukan kunjungan wisata.

Tolong Pak Gubernur Koster dengar, Bu Dubes Lyudmila Vorobieya minta Visa on Arrival (VoA) untuk warga negara Rusia tak dicabut
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News