Koster Minta Pusat Cabut VoA WNA Rusia dan Ukraina, Begini Respons Kemenkumham

Senin, 13 Maret 2023 – 09:47 WIB
Koster Minta Pusat Cabut VoA WNA Rusia dan Ukraina, Begini Respons Kemenkumham - JPNN.com Bali
Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu merespons usulan Gubernur Wayan Koster untuk mencabut VoA WNA Rusia dan Ukraina yang kerap bikin ulah saat berlibur di Pulau Bali. Foto: Humas Polda Bali

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali Anggiat Napitupulu merespons usulan Gubernur Wayan Koster untuk mencabut visa on arrival (VoA) turis asing berkebangsaan Rusia dan Ukraina.

Anggiat Napitupulu memastikan usulan Gubernur Wayan Koster merupakan yang wajar sebagai bentuk evaluasi terhadap pemberlakuan VoA yang dikeluarkan oleh Kemenkumham.

"Pak Gubernur sebagai kepala daerah boleh saja karena bentuk kepedulian kepada daerahnya dan evaluasi.

Namun, fasilitas bebas wisata adalah kebijakan nasional sehingga nanti evaluasi dari daerah dievaluasi di pusat ada enggak provinsi lain mengajukan evaluasi yang sama," kata Anggiat Napitupulu.

Anggiat Napitupulu mengatakan meski visa on arrival dikeluarkan Kemenkumham, tetapi kebijakan tersebut merupakan kebijakan lintas sektor kementerian.

Mulai dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta para kepala daerah.

Oleh karena itu, kata Anggiat, untuk mencabut atau meninjau kembali pemberlakuan VoA butuh masukan dari Kemenlu dan Kemenparekraf agar tidak menimbulkan efek pada sektor lain.

"Visa on arrival ini dikeluarkan oleh Kemenkumham, tetapi masukannya dari Kemenlu, Kemenparekraf, dan dari daerah.

Gubernur Bali Wayan Koster minta Pemerintah Pusat mencabut VoA WNA Rusia dan Ukraina, begini respons Kemenkumham
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News