Labuan Bajo Menuju Super Premium, 5 Juta Bibit Ditanaman Tahun Ini

Minggu, 09 Januari 2022 – 18:05 WIB
Labuan Bajo Menuju Super Premium, 5 Juta Bibit Ditanaman Tahun Ini  - JPNN.com Bali
Presiden Joko Widodo (Kanan) saat meninjau pusat pembibitan. Foto: ANTARA/HO-Biro Pers Setpres

bali.jpnn.com, LABUAN BAJO - Sebanyak lima juta bibit tanaman mulai dibudidayakan tahun ini demi mendukung Labuan Bajo menjadi destinasi wisata super prioritas. 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur menargetkan pada pertengahan 2022 pusat pembibitan di Labuan Bajo mulai beroperasi. 

"Saat ini sedang ada pembangunan sarana prasarana untuk mendukung pusat pembibitan. Nah, kita targetkan secepatnya selesai sehingga pada Juni atau Juli nanti mulai dilakukan pembudidayaan," kata Kepala UPT KPH Manggarai Barat Stefanus Nali dari Labuan Bajo, Sabtu (8/1). 

Pembibitan ini merupakan program dari pemerintah pusat untuk mendukung kawasan pariwisata super prioritas di Indonesia salah satunya di Labuan Bajo, NTT.

Ia mengatakan bahwa sesuai target akan ada 5 juta bibit tanaman yang akan dibudidayakan di lahan seluas 30 hektare yang lokasinya ada di Kawasan Hutan Produksi Satar-Kodi, Nggorang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. 

Ia mengatakan bahwa 5 juta bibit itu ada yang berasal dari luar Manggarai Barat dan juga bibit lokal, seperti buah-buahan, pohon, sayur sayuran dan bibit lainnya.

"Jika sudah dipanen, tentunya ini akan sangat mendukung Labuan Bajo sebagai lokasi wisata super prioritas," ujar dia.

Pertama, pembudidayaan akan fokus kepada budidaya buah-buahan, mengingat memang pasokan buah-buahan ke Labuan Bajo, berasal pulau Jawa dan daerah lain di Indonesia. 

Labuan Bajo menuju kawasan wisata super premium, sebanyak 5 juta bibit ditanaman tahun ini
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News