Miris, Begini Kondisi Warga Labuan Bajo di Musim Penghujan

Senin, 03 Januari 2022 – 19:45 WIB
Miris, Begini Kondisi Warga Labuan Bajo di Musim Penghujan - JPNN.com Bali
Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi. Foto: ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

bali.jpnn.com, KUPANG - Di musim penghujan seperti ini, sejumlah permukiman warga di Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) terendam air kali yang meluap pada Jumat (31/12/2021).  

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengungkapkan, bahwa keadaan tersebut semakin diperparah dengan adanya saluran drainase yang mampet. 

Bupati yang akrab disapa Edi Endi ini mengakui drainase di dalam Kota Labuan Bajo tidak berfungsi secara optimal, akibat sampah yang menutup saluran. 

"Hal itu bisa saja semakin memperparah kondisi saat intensitas hujan makin tinggi," lanjutnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar warga tidak membuang sampah sembarangan dan tidak menebang pohon di area hulu sungai.

Bupati Edi menilai warga tidak patuh dengan imbauan pemerintah untuk tidak membangun rumah dan bangunan lain di bantaran kali. 

Oleh karena itu, ia berharap ada kesadaran bersama untuk membersihkan lingkungan dan kerja sama yang baik dari semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. 

Pemerintah, kata dia, akan terus mengedukasi dan membangun sarana prasarana yang bisa meminimalkan dampak dari banjir yang akan terjadi akibat cuaca ekstrem. 

Miris, begini kondisi rumah warga di Labuan Bajo saat musim penghujan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News