Sebegini WBP di NTB yang Berpotensi Jadi Pemilih di Pilkada 2024, Kakanwil Merespons

Kamis, 22 Agustus 2024 – 08:19 WIB
Sebegini WBP di NTB yang Berpotensi Jadi Pemilih di Pilkada 2024, Kakanwil Merespons - JPNN.com Bali
Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan. Foto: Kemenkumham NTB

bali.jpnn.com, MATARAM - Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan menyatakan Pilkada merupakan bentuk demokrasi yang diwujudkan melalui adanya hak pilih masyarakat, termasuk para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di dalam Lapas maupun Rutan.

Pernyataan tersebut dilontarkan Kakanwil Parlindungan sesuai Deklarasi Pilkada Damai Serentak 2024 di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, Rabu kemarin (21/8).

Berdasarkan data Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham NTB, sampai saat ini WBP yang termasuk pemilih potensial berjumlah 4.274 orang.

Mereka bisa memilih pada pada pemilihan gubernur, sedangkan pemilih potensial pada pemilihan bupati berjumlah 1.837 WBP, dan pemilihan wali kota 363 WBP.

Data tersebut merupakan rekapitulasi laporan Progres NIK dan KTP Elektronik oleh Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham NTB per 16 Agustus 2024 di sembilan lapas dan Rutan di Provinsi NTB.

Namun, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan ditentukan oleh KPU.

“Kanwil Kemenkumham NTB terus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk memastikan pemenuhan hak memilih bagi WBP yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2022 tentang pemasyarakatan.

WBP memiliki hak yang sama untuk tetap terlibat dalam proses demokrasi dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa,” kata Parlindungan.

Berdasarkan data Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham NTB, sampai saat ini WBP yang termasuk pemilih potensial berjumlah 4.274 orang.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News