Dekan FP Unwar: Teknologi Hijau Jadi Solusi Pemulihan Ekonomi

Minggu, 26 Mei 2024 – 21:43 WIB
Dekan FP Unwar: Teknologi Hijau Jadi Solusi Pemulihan Ekonomi - JPNN.com Bali
Tanaman padi di areal persawahan di Tanah Ampo, Kecamatan Manggis, Karangasem saat diabadikan beberapa waktu lalu. Foto: Ali Mustofa/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Inovasi teknologi hijau kini disebut-sebut menjadi salah satu solusi dalam pemulihan ekonomi.

Teknologi hijau dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan efisiensi energi, dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Menurut Dekan Fakultas Pertanian (FP) Universitas Warmadewa (Unwar) Profesor Luh Suriati, pengetahuan dan wawasan baru tentang bagaimana teknologi hijau dapat mendorong pemulihan ekonomi di tengah situasi yang penuh tantangan.

“Apalagi Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama dua tahun terakhir telah memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai sektor, termasuk ekonomi,” kata Profesor Suriati saat webinar internasional yang digelar Himpunan Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa.

Dr Nguyen Hoang Nam dari National Economics University, Vietnam, mengungkapkan, implementasi inovasi teknologi hijau mesti sejalan dengan ekonomi sirkular.

Menurutnya, teknologi hijau di masa depan tidak dapat dihindari karena di masa depan segala sesuatu akan terbatas dan cara baru untuk produksi yang berkelanjutan dan sirkular akan dibutuhkan.

“Saat ini hanya sembilan persen dari ekonomi dunia yang bersifat sirkular, sisanya 91 persen masih bersifat linier.

Jadi, masih banyak ruang dan peluang untuk memasuki pasar ekonomi sirkular dan menciptakan ekonomi hijau berkelanjutan yang lebih baik,” ujar Dr Nguyen Hoang Nam.

Dekan FP Unwar Profesor Luh Suriati: teknologi hijau menjadi solusi pemulihan ekonomi global pada masa depan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News