Menteri PUPR: Proyek Tol Gilimanuk – Mengwi Berstatus PSN, Ada Saran dari Menkeu

Sabtu, 27 April 2024 – 11:02 WIB
Menteri PUPR: Proyek Tol Gilimanuk – Mengwi Berstatus PSN, Ada Saran dari Menkeu - JPNN.com Bali
Ilustrasi tol Gilimanuk – Mengwi yang akan kembali dikerjakan pada 2024. Foto: BPJT

bali.jpnn.com, JAKARTA - Proyek Tol Gilimanuk - Mengwi Bali yang mangkrak sejak groundbreaking dua tahun lalu akhirnya ditetapkan berstatus Proyek Strategis Nasional (PSN).

Kepastian tersebut dilontarkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Jakarta kemarin.

"Yang saya tahu setelah dibahas di rapat terbatas itu adalah proyek Tol Gilimanuk-Mengwi menjadi PSN dan prakarsa pemerintah (solicited)," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Oleh karena investor sebelumnya tidak ada financial close, Kementerian PUPR memutuskan mengambil alih karena ini mendesak untuk bisa dilaksanakan.
"Jadi kita ambil alih dengan solicited,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Untuk lahannya dibiayai oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku Menteri Keuangan Sri Mulyani ikut urun rembuk dan memberi saran terkait proyek tol sepanjang 96.84 km itu.

Pertama, saran Menkeu Sri Mulyani, investor berikutnya untuk proyek Tol Gilimanuk-Mengwi tidak boleh berafiliasi investor sebelumnya.

Saran kedua, lanjut Basuki, Menkeu meminta agar Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan review dari status prakarsa badan usaha (unsolicited) menjadi solicited.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono: Proyek Tol Gilimanuk – Mengwi resmi berstatus PSN, ada saran dari Menkeu Sri Mulyani agar proyek berlanjut
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News