Surat Cinta Bung Karno ke Ratna Sari Dewi Ungkap Fakta Baru Peristiwa G30S/PKI

Minggu, 19 November 2023 – 18:38 WIB
Surat Cinta Bung Karno ke Ratna Sari Dewi Ungkap Fakta Baru Peristiwa G30S/PKI - JPNN.com Bali
Kepala ANRI Imam Gunarto memberikan keterangan kepada awak media di Denpasar. Foto: ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

bali.jpnn.com, DENPASAR - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) berusaha mengumpulkan lebih dari 300 arsip, salah satunya sejumlah Surat Cinta Bung Karno kepada kepada istrinya Ratna Sari Dewi di Tokyo, Jepang.

Surat cinta itu disebut-sebut berisi fakta baru peristiwa kelam G30S/PKI pada 1965 silam.

Kepala ANRI Imam Gunarto di Denpasar, mengatakan bahwa pihaknya sedang menyusun sebagian arsip yang sudah dibawa ke Tanah Air dari kediaman Ratna Sari Dewi di Tokyo pada minggu lalu.

Menurut Imam Gunarto, arsip tersebut tergolong baru dibuka yang selama ini disimpan rapi oleh istri keenam Presiden Pertama RI Soekarno alias Bung Karno itu.

“Selama ini kan disimpan terus oleh Ibu Dewi, belum dibuka (publik) dan itu ada 300 lebih arsip di sana (kediaman Ratna Sari Dewi di Tokyo),” kata Kepala ANRI Imam Gunarto.

Imam Gunarto mengatakan ANRI sudah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Jepang untuk memantau dan melanjutkan arsip bersejarah itu.

“(Arsip) sudah di Indonesia, tetapi aslinya masih di sana (Jepang).

Nanti pelan-pelan kami akan bawa juga aslinya,” ujar Kepala ANRI Imam Gunarto.

Arsip Nasional Republik Indonesia mengungkap surat cinta Bung Karno ke istri keenam Ratna Sari Dewi di Tokyo mengungkap fakta baru peristiwa G30S/PKI
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News