Dr Muliarta: Pepaya Bisa Menjadi Sumber Bahan Bakar Masa Depan

Rabu, 18 Oktober 2023 – 11:11 WIB
Dr Muliarta: Pepaya Bisa Menjadi Sumber Bahan Bakar Masa Depan - JPNN.com Bali
Ilustrasi buah pepaya yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber bahan bakar. Foto: Dr Muliarta for JPNN.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pepaya termasuk buah tropis yang memiliki kepentingan komersial karena nilai nutrisi dan pengobatannya yang tinggi.

Biji dan kulit pepaya yang sering dibuang ternyata mengandung nutrisi penting yang bermanfaat baik bagi manusia maupun hewan.

Limbah buah pepaya, misalnya dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan bioetanol melalui proses fermentasi dan destilasi.

“Pepaya adalah sumber bahan gula dan menjadi salah satu limbah buah yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan bioetanol.

Pilihan bahan baku yang cocok, melimpah dan murah sangat penting karena biaya bahan baku merupakan bagian utama dari biaya produksi” kata akademisi Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa (FP-Unwar) Denpasar Dr I Nengah Muliarta.

Menurut Dr Muliarta, produksi etanol dari hasil pertanian berupa buah-buahan dapat ditingkatkan dengan menggunakan strain ragi yang direkayasa secara genetik sehingga mampu mengubah banyak gula menjadi etanol.

Kadar dan volume bioetanol yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh lamanya fermentasi

Dr Muliarta menyebutkan ragi merupakan mikroorganisme paling umum yang digunakan dalam produksi bioetanol dan memainkan fungsi penting dalam memfermentasi gula menjadi etanol.

Akademisi Universitas Warmadewa Dr Muliarta mengatakan buah pepaya bisa menjadi sumber bahan bakar untuk masa depan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News