Jokowi Minta Fasilitas Pura Agung Besakih Dirawat dengan Baik dan Profesional

Senin, 13 Maret 2023 – 19:18 WIB
Jokowi Minta Fasilitas Pura Agung Besakih Dirawat dengan Baik dan Profesional - JPNN.com Bali
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriani, Gubernur Wayan Koster dan Wagub Cok Ace saat bersiap meresmikan fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih, Karangasem, Bali, Senin (13/3). Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.

bali.jpnn.com, AMLAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penataan fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih, Karangasem, Bali, Senin (13/3).

Jokowi minta berbagai fasilitas hasil penataan kawasan Pura Agung Besakih dibarengi dengan pengelolaan yang baik dan profesional.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya merawat Pura Agung Besakih yang sangat disucikan oleh umat Hindu, tidak hanya umat Hindu di Bali, tetapi di seluruh Nusantara.

"Pura yang suci ini harus kita jaga, harus kita rawat dengan penuh hormat sehingga umat Hindu dan pengunjung yang datang ke Pura Agung Besakih bisa merasakan aura kesuciannya.

Dengan terjaganya kesucian, terjaga kebersihan, terjaga kerapian sekaligus menjadi tempat yang indah," ujar Presiden Jokowi.

Pura Agung Besakih selalu dipadati umat, apalagi jika ada upacara besar, terutama Upacara Bhatara Turun Kabeh yang diselenggarakan tiap sasih kadasa.

Menurut Presiden Jokowi, kedatangan umat dan pengunjung yang makin banyak tanpa diimbangi dengan penataan dan antisipasi ke depan akan menimbulkan kesemrawutan.

"Oleh karena itu, 2021 lalu saya perintahkan dan saya minta ke Menteri PUPR, Pak Basuki untuk melakukan penataan di kawasan Pura Besakih dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung agar masyarakat makin nyaman saat bersembahyang dan Pura Agung Besakih tetap terjaga kesuciannya," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi minta fasilitas Pura Agung Besakih yang baru diresmikan, Senin (13/3) dirawat dengan baik dan profesional
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News