Koster Bikin Arak Bali Kian Spesial, Tanggal 29 Januari Jadi Hari Spesial

Minggu, 25 Desember 2022 – 08:47 WIB
Koster Bikin Arak Bali Kian Spesial, Tanggal 29 Januari Jadi Hari Spesial - JPNN.com Bali
Gubernur Wayan Koster bersulang bersama pejabat dan konsulat negara asing di Pulau Dewata saat menetapkan Hari Arak Bali di Denpasar, Sabtu kemarin (24/12). Foto: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

bali.jpnn.com, DENPASAR - Gubernur Wayan Koster tak berhenti mengampanyekan arak Bali ke seluruh dunia.

Koster bahkan merilis Surat Keputusan Gubernur Bali Nomor 929/03-I/HK/2022 yang menetapkan tanggal 29 Januari sebagai peringatan Hari Arak Bali.

Koster mengajak seluruh masyarakat, pemerintah, dan pelaku usaha agar menjadikan hari tersebut sebagai hari kesadaran kolektif terhadap keberadaan, nilai, dan harkat arak Bali.

“Untuk memperkokoh perlindungan dan pemberdayaan arak sebagai tonggak perubahan status yang mengangkat keberadaan, nilai, dan harkat arak Bali," kata Gubernur Koster.

Tujuan lain, kata dia, adalah untuk melindungi dan memelihara arak sesuai dengan nilai-nilai budaya masyarakat setempat.

Oleh karena itu, Gubernur Koster mengimbau seluruh komponen menghindari pemanfaatan arak Bali untuk kegiatan yang bertentangan dengan nilai esensial arak dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menurut Gubernur Koster, sejak berlakunya pergub tersebut, masyarakat pelaku usaha arak Bali, seperti UMKM maupun koperasi, mendapat perlindungan dan legalitas.

Pasalnya, berbagai produk olahan berbasis arak Bali telah mendapat izin edar dari BPOM RI dan pita cukai dari Kanwil Bea Cukai Provinsi Bali.
"Para perajin arak Bali menyambut gembira, berbagai kreativitas tumbuh, mulai dari kemasan yang elegan dan berkualitas hingga inovasi olahan dengan berbagai cita rasa dan aroma," ujarnya.

Gubernur Bali Wayan Koster bikin Arak Bali kian spesial setelah aktif mangampayekan minuman tradisional ini, tanggal 29 Januari jadi hari spesial
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News