Kemensos Lirik Garam Kusumba, Gandeng ITS Mengembangkan Teknologi Tunnel

Senin, 18 Juli 2022 – 15:46 WIB
Kemensos Lirik Garam Kusumba, Gandeng ITS Mengembangkan Teknologi Tunnel - JPNN.com Bali
Kelompok petani garam di Desa Kusamba, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, Minggu kemarin (17/7) menerima bantuan Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) dari Kementerian Sosial. Foto: ANTARA/HO-Kemensos.

bali.jpnn.com, KLUNGKUNG - Kementerian Sosial (Kemensos) melirik petani garam di Desa Kusamba, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

Kemensos membantu petani garam Kusumba, Klungkung meningkatkan produksi dan mengembangkan usaha melalui Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS).

ProKUS meliputi pemberian bantuan dana pembuatan ladang garam dengan teknologi tunnel yang memungkinkan petani garam tetap berproduksi semasa hujan.

Melalui ProKUS, Kemensos ikut melakukan pendampingan terhadap para petani garam.

"Pengembangan strategi peningkatan produksi garam, pemasaran, dan kerja sama dalam membangun ekosistem bisnis berkelanjutan diharapkan dapat berdampak positif bagi petani garam,” ujar Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Edi Suharto.

Edi Suharto mengapresiasi dukungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dalam upaya pendampingan dan pemberdayaan petani garam di Kusamba.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan petani garam di Kusamba kini bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi dengan dukungan dari Kementerian Sosial.

"Harapan saya ke depan produksi garam Desa Kusamba akan mampu bersaing di pasaran dan berdampak pada peningkatan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat setempat," papar Bupati Suwirta. (antara/lia/jpnn)

Kementerian Sosial melirik garam Kusumba Klungkung Bali, gandeng ITS untuk mengembangkan teknologi tunnel

Redaktur & Reporter : Ali Mustofa

Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News