Pastika Prediksi Pariwisata Bali Lama Pulihnya, Ajak Tidak Malu Jadi Petani

Sabtu, 07 Mei 2022 – 21:53 WIB
Pastika Prediksi Pariwisata Bali Lama Pulihnya, Ajak Tidak Malu Jadi Petani - JPNN.com Bali
Mantan Gubernur Bali yang kini jadi anggota DPD RI Made Mangku Pastika (tengah) saat berbincang dengan perwakilan mahasiswa di Denpasar. Foto: ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Eks Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengajak generasi muda Bali agar tidak malu, apalagi merasa hina menjadi petani.

Menurut anggota DPR RI dapil Bali, sektor pertanian justru menjadi solusi di tengah kondisi pandemi Covid-19.

"Saya ingin generasi muda Bali dapat mengambil kesempatan di sektor pertanian ini, karena kalau didiamkan, maka justru akan datang orang lain yang mengambil kesempatan," kata Mangku Pastika.

Pensiunan polisi dengan tiga bintang di pundak ini mengatakan sebelum pandemi, logis memang generasi muda Bali memilih sektor pariwisata dibandingkan menjadi petani.

Namun, kini kondisinya sudah jauh berubah.

Komjen (Purn) Made Mangku Pastika mengatakan Bali masih lama pulihnya dengan okupansi hotel yang rata-rata 20 persen sebelum musim liburan.

Pariwisata memang akan hidup, tetapi tidak bisa pulih dengan cepat dan perlu modal besar untuk membangkitkan hotel-hotel yang sudah tutup dua tahun.

Oleh karena itu, pertanian menjadi alternatif untuk bisa bertahan secara ekonomi karena tentu semua akan tetap membutuhkan pangan.

Eks Gubernur Made Mangku Pastika memprediksi industri pariwisata Bali akan lama pulihnya gegara Pandemi Covid-19, ajak tidak malu jadi petani
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News