485 Liter Arak Gula Pasir Dimusnahkan, Pemprov Bali Siapkan Sanksi ke Produsen

Rabu, 27 April 2022 – 06:41 WIB
485 Liter Arak Gula Pasir Dimusnahkan, Pemprov Bali Siapkan Sanksi ke Produsen - JPNN.com Bali
Sekda Bali Dewa Made Indra saat memimpin pemusnahan 485 liter arak gula pasir di Kantor Satpol PP Bali di Denpasar, Selasa (26/4/2022). Foto: ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Satpol PP Provinsi Bali bersama-sama dengan Satpol PP kabupaten/kota, serta instansi terkait lainnya kian gencar melakukan upaya penertiban arak gula pasir yang beredar di pasaran.

Kemarin, Pemprov Bali memusnahkan 485 liter arak gula pasir hasil sitaan Satpol PP setempat pada sejumlah produsen arak di  Kabupaten Karangasem.

Pemusnahan arak gula pasir dilakukan lantaran bertentangan dengan Pergub Bali No 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali itu dilakukan dengan penuangan arak ke dalam lubang yang telah disiapkan.

“Selain bertentangan dengan Pergub Bali No 1 Tahun 2020, arak gula pasir ini juga membahayakan kesehatan," kata Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra.

Menurut Dewa Indra, arak gula pasir ini berbahaya bagi kesehatan, merugikan citra khas arak Bali yang telah lama dijaga sebagai warisan budaya leluhur.

“Selain itu, arak gula pasir merugikan petani lokal yang sudah memproduksi dengan benar," ujar orang nomor tiga di Pemprov Bali ini.

Terkait sanksi bagi produsen membandel, Dewa Indra menyampaikan terlebih dahulu dilakukan penertiban.

Namun, jika masih membandel, akan ada sanksi tegas sebagai upaya terakhir.

485 liter arak gula pasir dimusnahkan hasil sitaan Satpol PP, Pemprov Bali siapkan sanksi ke produsen arak
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News