Ketat! Ini Aturan Baru Upacara Melasti dan Tawur Kesanga Sambut Nyepi 2022 Selama Covid-19

Selasa, 15 Februari 2022 – 15:01 WIB
Ketat! Ini Aturan Baru Upacara Melasti dan Tawur Kesanga Sambut Nyepi 2022 Selama Covid-19 - JPNN.com Bali
Ilustrasi: Umat Hindu melaksanakan ritual Melasti menyambut Hari Raya Nyepi. Dok.JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali resmi melarang pawai ogoh-ogoh saat malam Pengerupukan menyambut Hari Suci Nyepi tahun 2022 Maret mendatang.

Surat penegasan dengan Nomor: 104/MDA-Prov Bali/II/2022 tanggal 11 Februari 2022 itu merupakan penegasan kembali Surat Edaran MDA Provinsi Bali Nomor:009/SE/MDA-PBali/XII/2021 tanggal 22 Desember 2021.

SE MDA itu bukan hanya mengatur pawai ogoh-ogoh, tetapi juga rangkaian kegiatan Melasti, dan Tawur Kasanga serangkaian Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 3 Maret 2022.

“Pelaksanaan upacara Melasti dan Tawur Kesanga harus memperhatikan sejumlah hal,” kata Bandesa Agung MDA Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet.

Pertama, bagi desa adat yang wilayahnya berdekatan dengan segara (laut), ritual Melasti bisa dilaksanakan di pantai.

Untuk ritual Melasti di danau yang wilayahnya berdekatan dengan danau, dan yang wilayahnya berdekatan dengan campuhan (muara), bisa melaksanakan di campuhan.

Di samping itu, bagi desa adat yang memiliki Beji dan atau Pura Beji, bisa melaksanakan Melasti di Beji.

"Bagi desa adat yang tidak melaksanakan Melasti karena wilayahnya berjauhan dengan sumber-sumber air tersebut, dapat Melasti dengan cara Ngubeng atau Ngayat dari pura setempat," ucap Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet.

Ketat! MDA Bali merilis aturan baru Upacara Melasti dan Tawur Kesanga untuk menyambut Hari Raya Nyepi 2022 selama Pandemi Covid-19 datang
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News