Rumah Ibunda Bung Karno dan Masjid Jami Singaraja Berstatus Cagar Budaya

Minggu, 02 Januari 2022 – 07:52 WIB
Rumah Ibunda Bung Karno dan Masjid Jami Singaraja Berstatus Cagar Budaya - JPNN.com Bali
Bale Agung tempat tinggal Ibunda Presiden Soekarno ditetapkan sebagai situs cagar budaya. (Istimewa)

bali.jpnn.com, BULELENG - Melalui proses panjang, pemerintah akhirnya menetapkan rumah Ibunda Mantan Presiden RI pertama Ir Soekarno, Ni Nyoman Rai Srimben dan Masjid Jami Singaraja sebagai situs Cagar Budaya.

Kepastian tersebut diperkuat dengan penyerahan SK Bupati Buleleng kepada ahli waris rumah Ni Nyoman Rai Srimben dan pengurus Masjid Jami Singaraja.

Saat menyerahkan SK, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana meminta Dinas Kebudayaan supaya mengemas akulturasi budaya dan toleransi yang sudah terjadi untuk diwariskan secara turun temurun kepada generasi yang akan datang.

Kadis Kebudayaan Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan situs Cagar Budaya Masjid Jami Singaraja ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Bumi Panji Sakti.

"Kami di Dinas Kebudayaan akan melakukan diskusi tentang apa yang sekiranya perlu oleh pengurus untuk bisa mempercantik dan memperkuat cerita tentang sejarah masjid ini," ucapnya. 

Pihaknya juga akan melakukan diskusi kepada keluarga bale agung untuk bagaimana kedepannya bisa melestarikan dan memperkuat kisah dari rumah Nyoman Rai Srimben. 

"Itu kita akan kemas menjadi promosi budaya kepada masyarakat Buleleng, Bali, maupun masyarakat Nusantara," ujar Gede Dody Sukma Oktiva Askara dilansir dari laman Pemkab Buleleng.

Kadis Kebudayaan Dody Sukma Oktiva Askara berharap kedepannya rumah Nyoman Rai Srimben di pandang untuk bisa ditingkatkan dan diajukan sebagai Cagar Budaya Tingkat Nasional. 

Rumah Ibunda Bung Karno Ni Nyoman Rai Srimben di Bale Agung Singaraja dan Masjid Jami Singaraja resmi ditetapkan sebagai situs cagar budaya
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News