Kabar Gembira! Majelis Desa Adat Bali Izinkan Pawai Ogoh-ogoh dengan Prokes Ketat

Kamis, 30 Desember 2021 – 19:08 WIB
Kabar Gembira! Majelis Desa Adat Bali Izinkan Pawai Ogoh-ogoh dengan Prokes Ketat - JPNN.com Bali
Ilustrasi pawai ogoh-ogoh. Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto

bali.jpnn.com, DENPASAR - Umat Hindu di Bali kembali mendapat angin segar terkait perayaan Hari Raya Nyepi yang biasanya jatuh pada pertengahan Maret setiap tahunnya.

Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali baru-baru ini mengeluarkan keputusan melalui surat edaran yang membolehkan kegiatan pawai ogoh-ogoh menyambut Hari Suci Nyepi.

Terhitung mulai Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 atau tahun 2022 nanti, para pemuda Hindu Bali boleh menggelar pawai ogoh-ogoh di Hari Pengrupukan, atau H-1 Nyepi.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) MDA Bali bernomor 9/SE/MDA-Prov Bali/XII/2021 tertanggal 22 Desember 2021.

Seperti diketahui, sudah dua kali Perayaan Nyepi di Bali tanpa didahului dengan semarak pawai ogoh-ogoh, yakni pada Nyepi tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19.

Kendati baru-baru ini dipublikasikan, dikeluarkannya SE izin pawai ogoh-ogoh ini berdasar hasil rapat para Prajuru Harian MDA Bali pada Jumat (17/12) lalu.

Dalam SE tersebut tak hanya memuat aturan ketat terkait kegiatan pawai ogoh-ogoh, tetapi juga sederet aturan lainnya dari mulai proses pembuatan ogoh-ogoh di masing-masing banjar.

MDA Bali menilai, izin pawai ogoh-ogoh ini dianggap perlu untuk dikeluarkan mengingat asas manfaat yang besar dengan adanya kegiatan pawai ogoh-ogoh di Hari Suci Nyepi.

Kabar Gembira! Majelis Desa Adat Bali mengizinkan dilaksanakannya pawai ogoh-ogoh dengan prokes ketat saat Hari Raya Nyepi Maret 2022 mendatang
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News