Diskes Denpasar Ingatkan Industri Rumah Tangga Jaga Higienis Pengolahan Makanan

Selasa, 26 Oktober 2021 – 10:19 WIB
Diskes Denpasar Ingatkan Industri Rumah Tangga Jaga Higienis Pengolahan Makanan - JPNN.com Bali
Kadiskes Kota Denpasar, Luh Putu Sri Armini, mengingatkan pemilik usaha atau pelaku Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) untuk menjaga olahannya tetap higienis. (Istimewa)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Denpasar mengingatkan pemilik usaha atau pelaku Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) untuk menjaga olahannya tetap higienis.

Menurut Kadiskes Kota Denpasar, Luh Putu Sri Armini, menjaga olahan makanan tetap higienis sangat penting, mengingat banyak potensi penyakit yang dihantarkan lewat makanan.

"Diare merupakan penyakit yang paling banyak terjadi akibat pengolahan makanan yang tidak higienis," terang Kadiskes Luh Armini di sela-sela bimbingan teknis (bimtek) para pelaku IRTP Denpasar.

Luh Armini juga menyebut bahwa pemenuhan pangan yang aman dan bermutu merupakan hak asasi setiap manusia.

Dalam rangka produksi dan peredaran pangan oleh IRTP, Pasal 43 Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2004 tentang Keamanan, Mutu dan Gizi Pangan mengamanatkan bahwa pangan olahan yang diproduksi oleh industri rumah tangga wajib memiliki Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) yang diterbitkan oleh Bupati/Wali Kota.

Karena itu, menurut Kadiskes, pemerintah perlu memberikan perhatian prioritas terhadap pengembangan, pembinaan dan pengawasan pada IRTP.

"Hal tersebut dilakukan agar produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dapat bersaing di pasar modern," ungkap Sri Armini.

Berdasar data Diskes Kota Denpasar saat ini memiliki 219 IRTP dengan 1.029 produk yang tersertifikasi.

Dinkes Denpasar ingatkan pelaku industri rumah tangga menjaga higienis pengolahan makanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News