Diterjang Material Longsor, Pura Manik Mas Paksebali Klungkung Rusak Parah

Kamis, 05 Agustus 2021 – 21:35 WIB
Diterjang Material Longsor, Pura Manik Mas Paksebali Klungkung Rusak Parah - JPNN.com Bali
Pura Manik Mas di Desa Paksebali, Kecamatan Dawan rusak diterjang tanah longsor. (Istimewa/Baliexpress.id)

bali.jpnn.com, SEMARAPURA - Diterjang material longsor, Pura Manik Mas di Dusun Kangin, Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Klungkung, rusak parah.

Musibah longsor terjadi setelah Kabupaten Klungkung diguyur hujan lebat sejak Rabu (4/8) malam lalu hingga Kamis hari ini (5/8).

Akibatnya, hampir 90 persen bangunan Pura Manik Mas rusak parah. ““Puranya hancur,” ujar Perbekel Paksebali Putu Ariadi dikutip dari Baliexpress.id.

Kondisi ini jelas menyulitkan pengempon pura yang dalam waktu dekat agar menggelar piodalan bertepatan dengan Buda Cemeng Kulawu. “Kami upayakan perbaikan secepatnya,” imbuhnya.

Selain menghancurkan Pura Manik Mas di Dusun Kangin, hujan lebat yang memicu longsor juga menyebabkan jembatan di Dusun Kanginan putus.

Material longsor juga menghancurkan rumah AA Alit Puji, warga setempat. Beruntung musibah tersebut tidak sampai memakan korban jiwa.

Pantauan di lapangan, hujan lebat di Klungkung mengakibatkan Kantor Camat Dawan yang terletak di Desa Dawan Klod tergenang banjir.

Puskesmas pembantu di Dawan, Klungkung ikut jadi korban buntut meluapkanya air sungai di daerah tersebut.

Diterjang material longsor, Pura Manik Mas di Dusun Kangin, Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Klungkung, rusak parah
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News