Krisis Pangan Hantui Warga Perkotaan, Petani Songan Bangli Turun Tangan

Minggu, 01 Agustus 2021 – 11:05 WIB
Krisis Pangan Hantui Warga Perkotaan, Petani Songan Bangli Turun Tangan - JPNN.com Bali
Kelompok Tani Sari Pertiwi Bukit Selat Desa Songan membagikan paket sayuran gratis kepada warga Denpasar. (Ni Luh Rhismawati/Antara)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pandemi covid-19 yang tak kunjung berakhir memunculkan aksi solidaritas dari banyak pihak. Salah satunya dari Kelompok Tani Sari Pertiwi Bukit Selat Desa Songan, Kabupaten Bangli.

Mereka ikut turun tangan membagikan ratusan paket sayuran segar gratis di Kota Denpasar. Mulai dari Sanur, Tanjung Bungkak dan seputaran Jalan Gatot Subroto, Denpasar.

Dalam satu paket bantuan terdiri dari sayur sawi, buncis, labu siam, terong, cabai, bawang merah dan kopi Bali arabika. Desa Songan sendiri adalah salah satu sentra penghasil sayuran di Bali.

Menurut Ketua Kelompok Tani Sari Pertiwi Komang Sukarsana, aksi bagi-bagi sayuran gratis ini untuk meringankan beban masyarakat di perkotaan.

“Kami sisihkan sedikit hasil panen untuk dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan karena terdampak pandemi,” ujar Sukarsana.

Saat pandemi seperti sekarang ini, kata Sukarsana, yang paling terdampak adalah masyarakat perkotaan. Berbeda dengan di masyarakat pedesaan yang memiliki ketahanan pangan lebih baik.

"Dalam kondisi pandemi ini, petani relatif bisa bertahan karena sayur-mayur ini selalu dibutuhkan dan permintaannya cukup bagus,” bebernya

Kelompok Tani Sari Pertiwi Bukit Selat Desa Songan terdiri dari 22 orang dan memiliki lahan seluas 25 haktare.

Kelompok tani Sari Pertiwi Bukit Selat Desa Songan memberikan paket sayuran gratis kepada warga Kota Denpasar di tengah pandemi yang tak kunjung selesai