Warga Miskin Melonjak saat Covid-19, ASN Buleleng Diminta Urunan Sembako

Minggu, 25 Juli 2021 – 10:10 WIB
Warga Miskin Melonjak saat Covid-19, ASN Buleleng Diminta Urunan Sembako - JPNN.com Bali
Bupati Agus Suradnyana membagikan paket sembako untuk warga miskin di Buleleng. (eka prasetya/radarbali)

bali.jpnn.com, SINGARAJA - – Pandemi covid-19 yang tak kunjung berakhir memicu melonjaknya warga miskin di Bumi Panji Sakti – Buleleng.

Untuk mengurangi beban warga miskin, Pemkab Buleleng meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) urunan pengadaan paket sembako.

Berdasar data BPS Buleleng, angka kemiskinan di Buleleng kini menjadi 5,32 persen. Naik 0,13 persen dibanding 2019 lalu yang mencapai 5,19 persen.

Secara riil, warga miskin Buleleng tahun 2019 lalu sebanyak 34.260 jiwa. Pada tahun 2020, masyarakat miskin di Buleleng menjadi 35.250 jiwa.

Hingga kemarin, ASN Pemkab Buleleng berhasil mengumpulkan 647 paket sembako. Paket sembako itu lantas dikumpulkan di BPBD Buleleng.

Rencananya paket sembako itu akan disebar di sejumlah desa maupun kelurahan di Buleleng yang memiliki warga miskin.

“Sebelum disalurkan, kami minta desa/kelurahan mendata warga miskin di wilayahnya yang terdampak covid-19. Terutama warga miskin yang belum menerima bantuan,” ujar Kadinsos Buleleng Putu Kariaman Putra dilansir dari Radarbali.id.

Supaya tepat sasaran, kata dia, Kadinsos Kariaman Putra meminta desa dan kelurahan memberikan data yang valid. “Agar jangan sampai ada kecemburuan sosial,” bebernya.

Pandemi covid-19 memicu kenaikan warga miskin di Buleleng. Karena itu, Pemkab Buleleng menginisiasi agar ASN urunan paket sembako