Sehari Setelah Denpasar, Badung Mulai Vaksinasi Booster Hari Ini, Berikut Sasarannya

Kamis, 13 Januari 2022 – 14:19 WIB
Sehari Setelah Denpasar, Badung Mulai Vaksinasi Booster Hari Ini, Berikut Sasarannya - JPNN.com Bali
Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa (kiri) meninjau pelaksanaan program vaksin dosis ketiga atau vaksin booster bagi lansia di RSD Mangusada Badung, Kamis (13/1). Foto: ANTARA/HO-Pemkab Badung

bali.jpnn.com, BADUNG - Satu hari setelah Denpasar, Pemkab Badung, Bali, memulai pelaksanaan vaksinasi covid-19 dosis ketiga atau booster bagi masyarakat.

"Program vaksinasi covid-19 booster ini bertujuan untuk meminimalkan  penyebaran covid-19, terutamanya bagi lansia yang rentan dan secara fisik sangat mudah tertular," ujar Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa di Mangupura, Kamis (13/1). 

Kepala Dinas Kesehatan Badung I Nyoman Gunarta menambahkan bahwa di hari pertama ini, vaksinasi menyasar 120 orang masyarakat dengan jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin Astrazeneca dengan dosis 0,25 ml. 

"Kriteria vaksin booster untuk lansia yang mendapatkan vaksinasi tahap satu dan dua dengan jenis vaksin Sinovac atau Biofarma serta jarak vaksinasi tahap kedua sudah lebih dari enam bulan dan saat pelaksanaan vaksin peserta dalam keadaan sehat," katanya.

Dengan dimulainya vaksinasi dosis ketiga itu, Sekda Adi Arnawa berharap kepada masyarakat khususnya yang mempunyai keluarga lansia agar mengikuti program vaksinasi covid-19 booster. 

Mereka dapat menerima vaksinasi ketiga ini dengan syarat telah menerima vaksin tahap satu dan dua, yang sudah dilakukan dengan jarak pemberian vaksin kedua sudah lebih dari enam bulan. 

"Mulai hari ini kami akan bergerak terus dalam melaksanakan vaksinasi booster sehingga apa yang menjadi rasa khawatir kami terhadap penularan covid-19 terhadap lansia bisa berkurang," katanya. 

Sekda Adi Arnawa berharap kepada lansia yang akan divaksin agar tidak takut karena vaksin covid-19 sangat penting untuk meningkatkan imunitas. 

Sehari setelah vaksinasi ketiga dilakukan di Kota Denpasar, Badung akhirnya mulai vaksinasi booster hari ini, berikut sasarannya