FMM G20 di Bali Memanas, Aksi Menlu Rusia Bikin Uni Eropa Meradang

Sabtu, 09 Juli 2022 – 08:25 WIB
FMM G20 di Bali Memanas, Aksi Menlu Rusia Bikin Uni Eropa Meradang - JPNN.com Bali
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) menyambut Perwakilan Tinggi Uni Eropa urusan Luar Negeri dan Keamanan Josep Borrell dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/7/2022). Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan/rwa.

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Pertemuan Menlu G20 alias G20 Foreign Ministers’ Meeting (FMM) yang diselenggarakan di salah satu hotel di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (8/7) berlangsung memanas.

Panasnya situasi terjadi lantaran Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dianggap tidak menghormati pertemuan G20 karena meninggalkan ruangan ketika peserta lain masih berbicara.

Insiden Menlu Sergey Lavrov keluar ruang pertemuan terjadi saat Perwakilan Tinggi Uni Eropa (EU) Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan (HRVP) sekaligus Wakil Presiden Komisi Eropa Josep Borrell menyampaikan pandangannya tentang Rusia.

Menlu Sergey Lavrov tidak mendengarkan pemaparan dari menteri lain yang berbicara setelah gilirannya.

“Dia berbicara kemudian pergi tanpa memberikan penjelasan apa pun.

Tidak mendengarkan menteri yang lain (berbicara) dan menghindari segala jenis interaksi maupun diskusi,” kata Josep Borrell kepada media seusai FMM G20 di Nusa Dua, Jumat  malam.

Menurut Josep Borrell, sikap Lavrov menunjukkan bahwa dia tidak menghormati pertemuan G20 dan tidak hadir untuk mencari solusi atas konflik Rusia dengan Ukraina—yang disorot dalam pertemuan tersebut.

Josep Borrell mengungkapkan bahwa pertemuan itu berlangsung secara sopan, tetapi juga sangat  emosional karena membahas masalah hidup dan mati orang-orang dalam perang di Ukraina.

Pertemuan Menlu G20 di Badung, Bali memanas, Menlu Rusia meninggalkan ruang sidang saat wakil UE berbicara, kondisi ini membuat Uni Eropa meradang
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News