Menlu Retno: Dunia Punya Tanggung Jawab Akhiri Perang Ukraina-Rusia

Jumat, 08 Juli 2022 – 16:47 WIB
Menlu Retno: Dunia Punya Tanggung Jawab Akhiri Perang Ukraina-Rusia - JPNN.com Bali
Menlu Retno Marsudi mewakili Indonesia mengajak negara-negara di dunia untuk ikut bertanggung jawab mengakhiri Perang Ukraina - Rusia. Foto: Natalia Laurens/JPNN

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Indonesia makin lantang menyerukan kepada dunia untuk ikut bersama bertanggung jawab mengakhiri perang Ukraina-Rusia.

Suara Indonesia itu dilontarkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menyampaikan pidato pembukaan Pertemuan Menlu G20 (G20 Foreign Ministers’ Meeting/FMM) di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (8/7).

“Adalah tanggung jawab kita untuk mengakhiri perang dan menyelesaikan perbedaan kita di meja perundingan, bukan di medan perang,” kata Menlu Retno Marsudi.

Menurutnya, Indonesia berusaha ikut berperan dengan membangun komunikasi intensif dengan berbagai pemimpin negara serta berpartisipasi dalam sejumlah acara internasional seperti KTT G7 dan KTT BRICS.

Menlu Retno mengatakan Presiden Jokowi bahkan melakukan lawatan perdamaian ke Kiev, Ukraina dan Moskow, Rusia pekan lalu.

Kunjungan tersebut untuk menegaskan kembali inti dari kebijakan luar negeri Indonesia yang bebas aktif dan selalu mengutamakan perdamaian dan kemanusiaan.

Di level menlu, kata Menlu Retno, Indonesia juga aktif berdialog dengan mitra-mitranya.

Menlu Retno Marsudi menyampaikan pandangan Indonesia serta suara dari negara berkembang yang ikut merasakan dampak krisis pangan dan energi yang dipicu perang di Ukraina.

Menlu Retno Marsudi saat pembukaan FMM G20 di Nusa Dua Bali menegaskan bahwa dunia punya tanggung jawab untuk mengakhiri perang Ukraina-Rusia
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News