Yenny Wahid: Isu SARA Mendulang Suara, tetapi Dampaknya Negara Hancur

Kamis, 30 Juni 2022 – 06:49 WIB
Yenny Wahid: Isu SARA Mendulang Suara, tetapi Dampaknya Negara Hancur - JPNN.com Bali
Direktur Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid berbicara dalam acara deklarasi kesiapsiagaan terhadap ancaman intoleransi, radikalisme, dan terorisme yang digelar oleh BNPT di Badung, Bali, Rabu (29/6/2022). Foto: ANTARA/Genta Tenri Mawangi

bali.jpnn.com, KUTA - Isu suku, ras, agama, dan antargolongan (SARA) kerap dimainkan para politikus setiap mendekati hajatan pemilihan umum (Pemilu).

Mereka menggunakan isu sensitif tersebut karena cepat mendulang suara, dan biayanya lebih murah.

Namun, dampaknya sangat membahayakan kelangsungan bangsa dan negara.

Oleh karena itu, Direktur Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid mengingatkan para politikus tidak menggunakan isu SARA sebagai alat konsolidasi suara menjelang Pemilu 2024.

“Isu SARA menjadi isu yang paling mudah dipakai untuk konsolidasi politik, tetapi isu itu sangat berbahaya bagi masyarakat. Dampaknya panjang,” kata Yenny Wahid di Badung, Bali, kemarin.

Putri kandung mantan Presiden Gus Dur tersebut mengingatkan para politikus untuk tidak mengambil jalan pintas tersebut.

Yenny Wahid sekaligus minta masyarakat sebagai pemilih agar cerdas serta tidak mudah terprovokasi apabila ada pihak-pihak yang menggunakan isu SARA dalam kampanye politiknya.

“Kita sebagai pemilih cerdas harus menuntut pertanggungjawaban tokoh politik agar tidak menggunakan isu SARA karena dampaknya masyarakat akan terbelah. Dampaknya panjang dan sangat merusak,” kata Yenny Wahid.

Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid mengingatkan isu SARA bisa mendulang suara setiap ajang Pemilu, tetapi dampaknya negara bisa hancur
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News