Ukraina Mengalah, Presiden Zelenskyy Bersedia Temui Putin Akhiri Perang

Selasa, 24 Mei 2022 – 15:24 WIB
Ukraina Mengalah, Presiden Zelenskyy Bersedia Temui Putin Akhiri Perang - JPNN.com Bali
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy terlihat di layar saat menyampaikan pidato melalui video kepada delegasi Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss, Senin (23/5). Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann/WSJ/sad.

bali.jpnn.com, DAVOS - Kabar mengejutkan datang dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Berbicara melalui tautan video kepada peserta World Economic Forum (WEC) di Davos, Swiss, Senin kemarin (23/5), Zelenskyy bersedia menemui Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mendiskusikan upaya mengakhiri perang.

"Presiden Federasi Rusia (Vladimir Putin) yang memutuskan semuanya.

Jika kita berbicara tentang mengakhiri perang ini tanpa dia secara pribadi, keputusan itu tidak dapat diambil," kata Presiden Zelenskyy melalui seorang penerjemah.

Namun, masalahnya, kata Presiden Zelenskyy, penemuan pembunuhan massal di daerah-daerah yang diduduki oleh pasukan Rusia pada awal perang, khususnya di luar Kiev, membuat lebih sulit untuk mengatur pembicaraan dengan Putin.

"Saya tidak bisa menerima pertemuan apa pun dengan siapa pun yang datang dari Federasi Rusia selain presiden.

Dan, hanya dalam kasus ketika ada satu isu yang jelas: menghentikan perang. Tidak ada alasan untuk pertemuan lain," tegas Presiden Zelenskyy.

Sejak awal Rusia membantah menargetkan warga sipil dalam apa yang disebutnya ‘operasi khusus’ untuk menurunkan kemampuan militer Ukraina.

Ukraina mulai menunjukkan tanda-tanda mengalah setelah Rusia menggempur wilayahnya, Presiden Zelenskyy bersedia menemui Putin untuk mengakhiri perang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News