Ukraina Hukum Seumur Hidup Komandan Tank Rusia, Terlibat Kejahatan Perang

Selasa, 24 Mei 2022 – 15:08 WIB
Ukraina Hukum Seumur Hidup Komandan Tank Rusia, Terlibat Kejahatan Perang - JPNN.com Bali
Tentara Rusia Vadim Shishimarin, 21, yang diduga melanggar hukum dan norma perang, terlihat di dalam ruang kaca selama persidangan, di tengah invasi Rusia ke Ukraina, di Kiev, Ukraina, 23 Mei 2022. Foto: ANTARA/Reuters/Viacheslav Ratynskyi/as

bali.jpnn.com, KIEV - Vadim Shishimarin, komandan tank Rusia berusia 21 tahun, divonis bersalah atas pembunuhan Oleksandr Shelipov, 62 tahun, di Desa Chupakhivka, Ukraina, pada 28 Februari, empat hari setelah negara komunis itu melancarkan invasi militer.

Atas perbuatannya, Pengadilan Ukraina mengganjar Vadim Shishimarin dengan hukuman penjara seumur hidup pada Senin kemarin (23/5).

Kasus itu menjadi kasus pertama kejahatan perang di Ukraina yang disidangkan.

Hakim Serhiy Agafonov mengatakan Shishimarin, yang mendapat ‘perintah kejahatan’ dari atasannya, telah menembak kepala korban dengan senjata otomatis.

"Mengingat bahwa kejahatan yang dilakukan adalah kejahatan terhadap perdamaian, keamanan, kemanusiaan dan aturan hukum internasional, pengadilan tidak melihat kemungkinan untuk menjatuhkan hukuman yang lebih singkat," kata hakim Serhiy.

Vadim Shishimarin yang mengenakan sweter bertudung warna biru abu-abu, menyaksikan jalannya persidangan dari ruang kaca.

Dia tidak menunjukkan ekspresi apa pun ketika vonis dibacakan.

Dia berdiri dengan kepala tertunduk selama persidangan, mendengarkan perkataan seorang penerjemah.

Pengadilan Ukraina menjatuhkan hukuman seumur hidup untuk seorang komandan tank Rusia setelah dituding terlibat kejahatan perang
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News