Parlemen Finlandia Bulat Setuju Gabung NATO, Invasi Rusia ke Ukraina Jadi Alasan

Rabu, 18 Mei 2022 – 07:47 WIB
Parlemen Finlandia Bulat Setuju Gabung NATO, Invasi Rusia ke Ukraina Jadi Alasan - JPNN.com Bali
Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin fokus selama sesi pleno di parlemen Finlandia, ketika legislator Finlandia memutuskan bahwa Finlandia akan mencari keanggotaan NATO di Helsinki, Finlandia, Selasa (17/5/2022). Foto: Lehtikuva/Antti Aimo-Koivisto via REUTERS/aww/sad.

bali.jpnn.com, HELSINKI - Presiden Sauli Niinisto dan pemerintah secara resmi memutuskan bahwa Finlandia akan mengajukan permohonan keanggotaan kepada NATO.

Keputusan tersebut diambil setelah mayoritas anggota parlemen Finlandia, Selasa kemarin (18/5) menyetujui proposal negara itu untuk bergabung menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Persetujuan memasuki aliansi militer tersebut merupakan perubahan kebijakan bersejarah yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Namun, keputusan itu masih harus menunggu persetujuan parlemen.

Ketua Parlemen Finlandia Matti Vanhanen mengatakan dalam pemungutan suara Selasa kemarin, sebanyak 188 dari 200 anggota menyatakan mendukung proposal itu sementara delapan lainnya menentang.

Menteri Luar Negeri Pekka Haavisto mengatakan tidak ada alasan untuk merayakan keputusan tersebut karena sedang ada perang di Eropa.

"Keanggotaan Finlandia di NATO tidak akan mengubah pemikiran dasar bahwa kita akan selalu mencari penyelesaian damai.

Finlandia adalah bangsa yang cinta perdamaian yang karena itu akan pertama-tama dan mengedepankan penyelesaian diplomatik atas setiap konflik," kata Menteri Luar Negeri Pekka Haavisto dalam sidang parlemen.

Parlemen Finlandia secara bulat setuju untuk bergabung dengan NATO setelah Rusia melakukan invasi militer ke Ukraina
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News