Rusia Marah Turki Jual Bayraktar TB2 ke Ukraina, Ternyata Karena Ini

Minggu, 10 April 2022 – 02:01 WIB
Rusia Marah Turki Jual Bayraktar TB2 ke Ukraina, Ternyata Karena Ini - JPNN.com Bali
Ilustrasi Pesawat Tanpa Awak. Foto: ANTARA/airforce.com

bali.jpnn.com, ANKARA - Keputusan perusahaan pertahanan Turki Baykar menjual nirawak (drone) ke Kiev, membuat marah Moskow.

Seorang pejabat tinggi Turki kepada Reuters mengatakan Rusia mengeluh kepada Ankara karena penjualan mesin perang jenis drone bersenjata Bayraktar TB2 ke Ukraina membuat ‘operasi militer khusus’ menjadi sulit.

Rusia pantas marah karena drone Bayraktar TB2 berhasil menghancurkan sistem pertahanan negara Tirai Besi itu selama invasi di Ukraina.

Bayrakytar TB2 memiliki hulu ledak termobarik yang dahsyat membuat rencana Rusia berantakan.

"Rusia kesal dan dari waktu ke waktu mereka mengeluh tentang penjualan drone.

Mereka dulu pernah mengeluh (tentang hal serupa) dan sekarang mengeluh lagi," kata birokrat Turki itu pada pertemuan dengan media asing.

Pejabat Turki itu menambahkan bahwa penjualan drone bersenjata itu dilakukan oleh perusahaan swasta Turki, bukan kesepakatan antarnegara.

"Kami telah memberikan jawabannya (ke Rusia)  bahwa ini adalah (penjualan) perusahaan swasta dan pembelian drone ini juga telah dilakukan sebelum perang," klaimnya.

Rusia Marah Turki jual Bayraktar TB2 ke Ukraina meski hubungan kedua negara selama ini baik-baik-baik saja, ternyata karena ini
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News