Tambang Emas Liar Sekotong Sulit Ditertibkan, Ini Solusi yang Ditawarkan Dinas LH NTB

Rabu, 25 Agustus 2021 – 19:51 WIB
Tambang Emas Liar Sekotong Sulit Ditertibkan, Ini Solusi yang Ditawarkan Dinas LH NTB - JPNN.com Bali
Alat pengolah batu emas yang menggunakan merkuri dengan mudah ditemui di rumah-rumah warga di pinggir jalan Sekotong. Seperti yang ada di bagian Sekotong Tengah ini. (Istimewa)

bali.jpnn.com, LOMBOK BARAT - Tak mudah menertibkan aktivitas tambang emas ilegal di kawasan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) NTB beralasan, tambang emas itu sulit ditertibkan lantaran berhubungan dengan ribuan masyarakat yang jadi penambang liar.

“Tidak bisa, sulit ditertibkan karena di sana ada orang yang menggantungkan hidupnya,” ujar Kadis LH NTB, Madani Mukarram, dikutip dari Radarlombok.co.id.

Solusi yang ditawarkan DLH NTB, kawasan tambang di Sekotong akan dijadikan kawasan pertambangan rakyat.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat tengah mengurus izin ke Kementerian ESDM untuk legalisasi.

Jika nanti keluar izin dari Kementerian ESDM, karena lokasinya berada di kawasan hutan, maka untuk pinjam pakai penggarapan kawasan tersebut izinnya cukup sampai gubernur.

Kenapa tidak ditutup karena berpotensi merusak lingkungan dan citra pariwisata NTB?

Menurutnya, potensi keributan sangat besar. Dan, hal itu pernah terjadi beberapa tahun lalu.

Menurut Kadis LH NTB, tambang emas liar Sekotong sulit ditertibkan lantaran ada ribuan orang menggantungkan hidupnya di sana. Perlu cari solusi lain
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News