Kontrak Habis, Ratusan TKI dari NTB Dipulangkan ke Tanah Air, Ribuan Lagi Menyusul

Rabu, 11 Agustus 2021 – 13:59 WIB
Kontrak Habis, Ratusan TKI dari NTB Dipulangkan ke Tanah Air, Ribuan Lagi Menyusul - JPNN.com Bali
103 TKI asal Nusa Tenggara Barat tiba di Bandara Internasional Lombok usai menyelesaikan masa kontraknya di luar negeri. (Istimewa)

bali.jpnn.com, MATARAM - Ratusan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Barat (NTB) dilaporkan telah pulang kembali ke kampung halaman setelah menyelesaikan masa kontraknya di luar negeri.

Disnakertrans NTB mencatat sebanyak 103 TKI tiba di Bandara Internasional Lombok dari Surabaya, Jawa Timur, Senin (9/8) lalu.

“Setiba di Bandara Lombok, para TKI diperiksa kesehatannya oleh petugas KKP dan dinyatakan sehat,” kata Kadisnakertrans NTB I Gede Putu Aryadi dikutip dari Radarlombok.co.id.

Menurut Putu Aryadi, para TKI yang berada dari lima daerah di NTB dipulangkan oleh agen lantaran kontraknya telah habis.

Berdasar catatan UPT BP2MI Provinsi NTB, ada 20 orang TKI dari Lombok Barat, 30 orang dari Lombok Tengah, 48 dari Lombok Timur, 3 orang dari Lombok Utara dan 2 orang dari Sumbawa.

Setelah pendataan oleh petugas Help Desk UPT BP2MI Mataram selesai, para TKI pulang ke rumah secara mandiri.

”Para TKI tersebut telah menjalani pemeriksaan kesehatan PCR test dan hasilnya negatif,” papar Putu Aryadi.
Pejabat asal Bali ini mengatakan, dari 103 TKI, sebanyak 56 orang TKI merupakan kepulangan tahap I dari 147 TKI asal NTB yang bekerja di Syarikat Sime Darby, Malaysia.

Sementara TKI lainnya dipulangkan dari negara penempatan seperti, Uni Emirat Arab (UEA), China dan Saudi Aribia.

Ratusan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Barat (NTB) dilaporkan telah pulang kembali ke kampung halaman setelah menyelesaikan masa kontraknya di
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News