Ekspor NTT ke Timur Leste Rp 16,3 Miliar, Sayangnya Tidak Produk Lokal

Kamis, 27 Januari 2022 – 16:32 WIB
Ekspor NTT ke Timur Leste Rp 16,3 Miliar, Sayangnya Tidak Produk Lokal - JPNN.com Bali
Ilustrasi - Pelabuhan laut Tenau Kupang, NTT, yang merupakan salah pintu utama jalur perdagangan ekspor di NTT. Foto: ANTARA/Kornelis Kaha

bali.jpnn.com, KUPANG - Nilai ekspor di Nusa Tenggara Timur (NTT) sepanjang 2021 mencapai Rp 16,3 miliar.

Demikian diungkapkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Bali, NTB, dan NTT.

“Devisa negara ini diperoleh dari kegiatan ekspor yang dilakukan sebanyak 213 kali," kata Kepala Kanwil DJBC Bali, NTB, NTT Susila Brata dalam keterangan yang diterima di Kupang, Kamis (27/1). 

Ia menyebutkan sejumlah komoditas ekspor unggulan dari NTT yang menyumbang devisa dengan total mencapai Rp 16,3 miliar di antaranya semen, furniture, kosmetik, minyak mentah, mobil, barang dari plastik, sabun.

Susila Brata mengatakan berbagai komoditi ekspor tersebut tidak semunya diproduksi di NTT namun didatangkan dari luar kemudian diekspor ke Timor Leste melalui NTT seperti minyak mentah, mobil, barang dari plastik. 

"Komoditas seperti ini tidak diproduksi di NTT namun karena diekspor melalui NTT sehingga tercatat sebagai ekspor dari NTT," katanya. 

Ia mengatakan namun ada juga komoditas yang berasal dari NTT sendiri yaitu semen yang diproduksi PT Semen Kupang, serta beberapa produk furniture. 

Susila Brata menambahkan pihaknya terus mendorong agar ke depan semakin banyak produk-produk ekspor yang diproduksi langsung di NTT. 

Nilai ekspor NTT ke Timur Leste mencapai Rp 16,3 Miliar, sayangnya tidak semua komoditas adalah produk lokal
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News