Setelah Singapura dan Uni Eropa, Pelaku Usaha Mataram Segera Ekspor Bulu Babi ke Amerika, Mantap!

Selasa, 18 Januari 2022 – 19:33 WIB
Setelah Singapura dan Uni Eropa, Pelaku Usaha Mataram Segera Ekspor Bulu Babi ke Amerika, Mantap! - JPNN.com Bali
Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Mataram Obing, H.A. Foto: ANTARA/Awaludin

bali.jpnn.com, MATARAM - Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Mataram Nusa Tenggara Barat membina pelaku usaha agar bisa memperoleh sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) grade B sehingga bisa mengekspor landak laut (Echinoidea) ke Amerika Serikat.

"Kita lagi membina satu pelaku usaha agar bisa memperoleh HACPP grade B dan memenuhi standar mutu internasional," kata Kepala BKIPM Mataram Obing H.A, di Mataram, Senin (17/1).

Ia mengatakan pelaku usaha yang dibina tersebut sudah mampu mengekspor landak laut atau bulu babi ke Singapura karena sudah memiliki sertifikat HACCP grade C. 

Sertifikat itu hanya bisa digunakan untuk mengekspor produk perikanan ke negara-negara di kawasan Asia.

Volume ekspor bulu babi ke Singapura pada 2021 masih relatif sedikit. 

Oleh sebab itu, jika sudah memiliki HACCP grade B diharapkan nilai ekspornya bisa jauh meningkat karena selama ini sudah mampu merambah ke negara-negara Uni Eropa

Ke depannya, lanjut Obing, pelaku usaha juga diarahkan bisa memperoleh sertifikat grade A sehingga bisa mengekspor komoditas perikanan ke seluruh negara. 

"Potensinya masih ada dan yang diekspor hasil tangkapan dari perairan laut di NTB," ujarnya. 

Setelah negara Singapura dan Uni Eropa, pelaku usaha di Mataram akan segera mengekspor landak laut atau bulu babi ke Amerika, mantap!
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News