Prakiraan Cuaca NTT: Warning untuk Operator Kapal, Gelombang Maksimum Capai Dua Kali Lipat

Sabtu, 22 Januari 2022 – 16:26 WIB
Prakiraan Cuaca NTT: Warning untuk Operator Kapal, Gelombang Maksimum Capai Dua Kali Lipat - JPNN.com Bali
Ilustrasi - Warga menyaksikan gelombang tinggi di perairan Kota Kupang, NTT. Foto: ANTARA/Kornelis Kaha

bali.jpnn.com, KUPANG - Dampak cuaca buruk di Nusa Tenggara Timur (NTT) turut berimbas pada mobilitas kapal lantaran berpotensi terjadi gelombang tinggi.

Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa potensi gelombang tinggi ini, harus diwaspadai karena beresiko terhadap pelayaran kapal ferry maupun kapal nelayan. 

Kondisi ini juga beresiko sangat tinggi terhadap kapal berukuran besar seperti kapal kargo, kapal pesiar. 

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang Syaeful Hadi di Kupang, Jumat (21/1) mengimbau pihak operator kapal penumpang, kapal kargo, maupun kapal nelayan agar mewaspadai ancaman gelombang tinggi tersebut. 

"Kewaspadaan perlu ditingkatkan karena kondisi gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang yang ada," katanya. 

Ia menambahkan selain itu kondisi sinoptik menunjukkan bahwa umumnya angin bertiup dari arah barat daya ke barat laut dengan kecepatan 2-8 Skala Beaufort.

Ia menyebutkan potensi gelombang tinggi terjadi pada sekitar enam titik perairan yaitu Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu bagian utara dan bagian selatan, perairan utara dan selatan Kupang-Rote dan Samudera Hindia di selatan Kupang-Rote. 

Selain itu ancaman gelombang sangat tinggi (4-6 meter) juga terjadi di Samudera Hindia selatan Pulau Sumba dan Pulau Sabu. 

Prakiraan untuk cuaca di wilayah NTT : warning untuk para operator kapal, gelombang maksimum capai dua kali lipat
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News