PLTU Sambelia Senilai Rp 3,2 Triliun Hampir Rampung, Target Produksi Listrik 735 GWH, Wow

Kamis, 20 Januari 2022 – 09:58 WIB
PLTU Sambelia Senilai Rp 3,2 Triliun Hampir Rampung, Target Produksi Listrik 735 GWH, Wow - JPNN.com Bali
Foto udara PLTU Sambelia, di Desa Padakguar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB. Foto: ANTARA/HO-PLN

bali.jpnn.com, LOMBOK TIMUR - Sistem kelistrikan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) kian mandiri.

Hal ini terjadi setelah PT PLN (Persero) merampungkan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sambelia senilai Rp 3,2 triliun di Kabupaten Lombok Timur.

PLTU yang terletak di Desa Padakguar, Kecamatan Sembelia itu, merupakan bagian dari program FTP 35.000 MW dan tengah memasuki progres persiapan untuk melakukan boiler hydrotest.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusa Tenggara Josua Simanungkalit mengatakan PLTU Sambelia Lombok Fast Track Program (FTP) tahap dua berkapasitas 2 X 50 mega Watt (MW).

"Proyek pembangkit itu menyerap lebih dari 900 tenaga kerja dan telah mencapai progres 78,31 persen sampai dengan Januari 2022," kata Josua Simanungkalit.

Josua Simanungkalit mengatakan pembangkit berkapasitas 2 x 50 MW itu akan mendukung penguatan sistem kelistrikan Lombok.

Termasuk mendukung pasokan listrik ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai destinasi pariwisata super prioritas.

"Saat ini progres pengerjaan meliputi pekerjaan pada boiler, turbin dan generator serta pekerjaan pra pengujian pada instalasi water treatment plant," ujarnya.

PLTU Sambelia senilai Rp 3,2 triliun di Lombok Timur, hampir rampung, bakal memproduksi listrik 735 GWH, Wow

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News