Pembanguan Bendungan Kolhua Ngadat Tak Tahu Rimbanya, Kapan Masalah Air Bersih di NTT Teratasi?

Senin, 17 Januari 2022 – 22:52 WIB
Pembanguan Bendungan Kolhua Ngadat Tak Tahu Rimbanya, Kapan Masalah Air Bersih di NTT Teratasi? - JPNN.com Bali
Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore. Foto: ANTARA/Aloysius Lewokeda

bali.jpnn.com, KUPANG - Bendungan Kolhua yang dibangun dengan tujuan untuk menjadi solusi masalah air bersih, masih dalam proses.

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore mengatakan rencana pembangunan Bendungan Kolhua untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih terus dipersiapkan pemerintah pusat dan daerah. 

"Rencana pembangunan Bendungan Kolhua terus dipersiapkan, perkembangan terkini masih ada penyesuaian rancangan atau desain," katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Sabtu (15/1).

Bendungan Kolhua merupakan salah satu dari tujuh bendungan yang dialokasikan pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk NTT pada masa periode kedua (2013-2018) kepemimpinan Mantan Gubernur NTT almahrum Frans Lebu Raya.

Hingga saat ini, kelanjutan dari rencana pembangunan bendungan tersebut belum berjalan lancar akibat persoalan lahan yang tidak terselesaikan. 

Riwu Kore mengatakan pada April 2021 lalu, tim dari kementerian terkait telah bertemu dengan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat untuk membahas terkait kelanjutan rencana pembangunan Bendungan Kolhua. 

"Gubernur sudah memberikan lampu hijau atau sudah menyetujui untuk pembangunan Bendungan Kolhua dan suratnya sudah ada," katanya. 

Ia mengaku optimis meskipun masa kepemimpin bersama wakilnya Hermanus Man akan berakhir pada Agustus 2022 mendatang, namun rencana pembangunan bisa terealisasikan. 

Pembanguan Bendungan Kolhua maish ngadat tak tahu rimbanya, kapan masalah air bersih di NTT teratasi?
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News