Pengamat Beri Wejangan kepada Pendukung Jeriko Supaya Legowo, Baca Sampai Tuntas!

Rabu, 05 Januari 2022 – 21:24 WIB
Pengamat Beri Wejangan kepada Pendukung Jeriko Supaya Legowo, Baca Sampai Tuntas! - JPNN.com Bali
Aksi pembakaran atribut Partai Demokrat di Kota Kupang. Foto: ANTARA/Ho

bali.jpnn.com, KUPANG - Pengamat Politik dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang Jhon Tuba Helan menilai bahwa aksi yang dilakukan oleh pendukung mantan Ketua DPD Demokrat NTT Jefri Riwu Kore (Jeriko) justru merugikan partai itu sendiri.

Seperti yang diketahui, massa pendukung Jeriko melakukan pembakaran atribut partai Demokrat.

"Kalau membakar atribut sendiri, membakar logo partai sendiri, artinya mereka merusak nama partai sendiri," kata Jhon kepada ANTARA di Kupang, Rabu (5/1). 

Menurutnya, aksi unjuk rasa serta pembakaran berbagai lambang partai itu tidak menguntungkan Partai Demokrat kedepannya, khususnya di NTT apalagi itu adalah masalah internal partai. 

Aksi demonstrasi, lanjutnya, memang wajar dilakukan di Indonesia karena itu bagian dari demokrasi, namun apabila aksi itu menganggu orang lain maka itu sudah tidak benar. 

Iapun menjelaskan bahwa menurut ajaran demokrasi, setiap pertarungan dalam jabatan pasti ada yang kalah dan ada yang menang. 

"Ini harus dipahami oleh setiap kader partai penganut demokrasi. Yang kalah beri selamat pada yang menang, dan yang menang rangkul yang kalah untuk sama- sama-bergandengan tangan lanjutkan perjuangan ke depan," ujar dia. 

Ia mengatakan bahwa tidak produktif jika kekalahan diikuti dengan tindakan yang mengarah kepada perpecahan, seolah terdapat dua kelompok (kalah dan menang) yang berlangsung sepanjang waktu.

Pengamat politik Jhon Tuba Helan beri wejangan kepada massa pendukung Jeriko supaya legowo, baca sampai tuntas!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News