PR Jika Ingin Kembangkan Labuan Bajo untuk Jadi DTW Super Premium, Simak!

Rabu, 29 Desember 2021 – 18:05 WIB
PR Jika Ingin Kembangkan Labuan Bajo untuk Jadi DTW Super Premium, Simak! - JPNN.com Bali
Matahari terbenam di Labuan Bajo, NTT. Foto: JPNN/Ketut Efrata

bali.jpnn.com, LABUAN BAJO - Salah satu kendala yang dihadapi pemerintah dalam mewujdukan daerah tujuan wisata (DTW) super premium di Labuan Bajo adalah tentang konektivitas dari dan menuju tempat tersebut.

Demikian disampaikan Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores, Shana Fatina, saat berdialog dengan tim tenaga ahli Kantor Staf Presiden (KSP) yang datang melakukan peninjauan lapangan terkait pemulihan pariwisata di NTT, Rabu (29/12).

Tantangan tersebut, menurutnya harus menjadi perhatian dalam mengembangkan Labuan Bajo, Pulau Komodo dan berbagai daerah lain di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Misalnya saja, kata dia, harga tiket pesawat dari dan menuju Labuan Bajo masih sangat mahal.

Selain itu, rute penyeberangan kapal laut untuk menghubungkan Pulau Flores ke Pulau Lembata, Pulau Rote ke Pulau Sawu, dan Labuan Bajo ke Pulau Sumba juga masih belum tersedia.

Menurut dia, pemerintah perlu mendorong ASDP agar dapat membangun penyeberangan umum antar pulau demi mewujudkan kawasan wisata yang terintegrasi, sekaligus memangkas ongkos logistik pengiriman barang dan perpindahan orang.

“Labuan Bajo memasok sekitar 85 persen kebutuhan barang dari luar provinsi NTT, sehingga kita ingin memaksimalkan konsumsi produk lokal dari NTT untuk pariwisata ini. Tetapi terbentur di ongkos logistik yang mahal,” katanya.

Sementara itu, daerah tujuan wisata premium Labuan Bajo Flores memiliki tujuh fokus indikator, yakni pelestarian lingkungan, SDM, manajemen perjalanan, sajian masakan, kesehatan, keamanan dan keselamatan, infrastruktur dan amenitas, serta aktivitas. (ket/JPNN)

PR untuk pemerintah jika ingin kembangkan Labuan Bajo untuk jadi DTW super premium, simak!

Redaktur & Reporter : Ni Ketut Efrata Fransiska

Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News