Gempa Susulan Menurun, BMKG Minta Warga Sikka NTT Kembali ke Rumah

Rabu, 15 Desember 2021 – 15:35 WIB
Gempa Susulan Menurun, BMKG Minta Warga Sikka NTT Kembali ke Rumah - JPNN.com Bali
Pengungsi gempa Flores berkumpul di tempat yang aman setelah gempa susulan masih terjadi. BMKG mengimbau korban gempa kembali ke rumah setelah gempa susulan cenderung mulai menurun. Foto: ANTARA/HO

bali.jpnn.com, FLORES - Kepala Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fransiskus Xaverius Seda Sikka Ota Thalo meminta warga Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengungsi karena takut tsunami kembali ke rumah masing-masing.

Pertimbangannya, berdasar pengamatan, gempa susulan yang terjadi di Flores umumnya, dan Sikka khususnya cenderung menurun.

“Kami imbau masyarakat yang berada di lokasi pengungsian untuk kembali ke rumah masing-masing dan beraktivitas seperti biasa," kata Fransiskus Xaverius Seda Sikka Ota Thalo.

Fransiskus Xaverius berharap warga tetap tenang, tetapi waspada sembari terus memantau informasi resmi yang dikeluarkan oleh BMKG.

Jika berada di rumah dan terjadi goncangan keras, langkah awal yang bisa dilakukan oleh masyarakat di wilayah pesisir adalah segera evakuasi mandiri.

“Tetap tenang dan selalu perhatikan imbauan BMKG dan lembaga berwenang lainnya,” ujar Fransiskus Xaverius.

Sebelumnya BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah NTT karena gempa 7,5 SR pada pukul 11.20.22 Wita dengan lokasi 112 km Barat Laut Larantuka, NTT.

Dua jam berselang, BMKG menyatakan peringatan dini tersebut berakhir.

Gempa susulan di Flores umumnya dan Sikka cenderung mulai menurun. Karena itu, BMKG minta warga Sikka NTT untuk kembali ke rumah
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News