Seluruh Menlu G20 Hadir di Bali Kecuali Ukraina, Ini Jaminan Indonesia

Jumat, 08 Juli 2022 – 10:38 WIB
Seluruh Menlu G20 Hadir di Bali Kecuali Ukraina, Ini Jaminan Indonesia - JPNN.com Bali
Menlu Ukraina Dmytro Kuleba (kanan) saat mengunjungi Wall of Remembrance untuk memberikan penghormatan kepada tentara Ukraina yang gugur, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di Kiev, Ukraina, Senin (30/5/2022). Foto: REUTERS/Gleb Garanich/HP/djo

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 alias G20 Foreign Ministers’Meeting (FMM) yang digelar di Nusa Dua, Badung, Bali, patut diapresiasi.

Semua menteri luar negeri (Menlu) G20 hadir secara fisik di Bali, tidak terkecuali negara-negara yang diundang Indonesia untuk mengikuti pertemuan ini.

Hanya saja negara yang tidak mengirimkan wakilnya secara langsung ke Bali, yakni Ukraina.

Ukraina sebagai salah satu negara yang diundang oleh Indonesia memilih hadir secara virtual.

Menurut Co-Sherpa G20 Indonesia Dian Triansyah Djani, Menlu Ukraina Dmytro Kuleba tidak bisa hadir secara fisik dalam pertemuan yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 7-8 Juli 2022, karena alasan kesehatan.

“Namun, kita cukup bangga bahwa pada saat Presidensi G20 Indonesia banyak menlu yang hadir (secara fisik),” kata Dian Triansyah Djani di Nusa Dua.

Dian mengatakan bahwa kehadiran seluruh menlu negara G20 dalam pertemuan itu merupakan hasil diplomasi Indonesia yang memberikan kesempatan yang sama kepada semua negara berpartisipasi meski di tengah konflik Ukraina dan Rusia.

Menurut Dian, Indonesia selalu berusaha membuat semua negara merasa nyaman untuk berpartisipasi dalam pertemuan apa pun, dengan begitu mereka bisa mendiskusikan berbagai isu yang menjadi perhatian bersama.

Seluruh Menlu G20 hadir pada pertemuan FMM di Nusa Dua, Badung, Bali kecuali Menlu Ukraina yang memilih hadir secara virtual, Indonesia beri jaminan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News