Pertemuan Menlu Blinken – Wang Yi di Bali Memanas, China Ingatkan 3 Hal ke AS

Jumat, 08 Juli 2022 – 09:40 WIB
Pertemuan Menlu Blinken – Wang Yi di Bali Memanas, China Ingatkan 3 Hal ke AS - JPNN.com Bali
Bendera Amerika Serikat dan China berkibar di depan foto Mao Zedong di gerbang Tiananmen menjelang kunjungan Presiden Amerika Serikat Donald Trump ke Beijing, China. Foto: REUTERS/Damir Sagolj)

bali.jpnn.com, BEIJING - Pertemuan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dengan Menlu China Wang Yi di Nusa Dua, diwarnai ketegangan.

China mengingatkan Amerika Serikat mengenai tiga komunike bersama sebagai pagar pembatas yang bisa melindungi hubungan antarkedua negara di sela-sela pertemuan Menlu G20 di Bali, Indonesia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian menegaskan sikap tersebut sebagai tanggapan atas pernyataan Asisten Menteri Luar Negeri AS Bidang Asia Timur dan Pasifik Daniel Kritenbrink.

Sebelumnya, Daniel Kritenbrink mengatakan AS akan mendiskusikan masalah ‘guardrails’ dalam pertemuan bilateral antara Menlu AS Antony Blinken dan Menlu China Wang Yi di Bali.

"AS selalu menyebut pagar pembatas (guardrails).

Pagar pelindung hubungan China-AS itu sebenarnya tiga komunike bersama China-AS," kata  Zhao Lijian dilansir Antara.

Menurut Daniel Kritenbrink, ‘guardrails dalam relasi AS-China itu jangan sampai kompetisi antarkeduanya meluas menjadi konfrontasi.

Sedangkan bagi Zhao, kemitraan China-AS merupakan hubungan bilateral terpenting di dunia dan tidak mencampuri urusan negara lainnya.

Pertemuan Menlu AS Antony Blinken dengan Menlu China Wang Yi di Bali memanas. China mengingatkan 3 hal ke AS untuk menjaga hubungan kedua negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News