Pertemuan Menlu Amerika & China di Bali Jadi Sejarah, Indonesia Patut Bersyukur

Kamis, 07 Juli 2022 – 06:52 WIB
Pertemuan Menlu Amerika & China di Bali Jadi Sejarah, Indonesia Patut Bersyukur - JPNN.com Bali
Menteri Luar Negeri China Wang Yi. Foto: ZHU XINGXIN / CHINA DAILY

bali.jpnn.com, BEIJING - Anggota Dewan Negara merangkap Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menlu Amerika Serikat Antony Blinken dijadwalkan mengadakan pertemuan secara bilateral di Nusa Dua, Badung, Bali.

Keduanya bakal mengadakan pembicaraan empat mata di sela-sela pertemuan antarmenlu alias FMM G20 di Bali, Kamis (7/7) hingga Jumat (8/7) besok.

Pertemuan di Bali ini bisa jadi sejarah setelah pemimpin kedua negara dengan kekuatan ekonomi besar di dunia ini terlibat ketegangan.

Indonesia yang menjadi tuan rumah patut bersyukur ikut berperan mencarikan solusi mendinginkan ketegangan yang terjadi selama ini.

"Sebagaimana kesepakatan antara pihak China dan pihak AS, Wang Yi akan mengadakan pertemuan dengan Menlu Amerika Serikat Antony Blinken," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing.

Menlu Wang Yi diketahui telah meninggalkan China sejak Minggu (3/7) untuk melakukan serangkaian kunjungan ke negara-negara di Asia Tenggara, termasuk menghadiri pertemuan antarmenlu G20 di Pulau Dewata itu. 

Zhao Lijian menjelaskan bahwa kedua menlu tersebut akan bertukar pandangan mengenai situasi terkini kemitraan China-AS dan isu-isu global dan regional.

Menlu China Wang Yi juga dijadwalkan bertemu dengan para menlu dari negara-negara maju dan perwakilan organisasi regional di sela-sela pertemuan antarmenlu G20 di Bali itu.

Pertemuan Menlu Amerika Antony Blinken & Menlu China Wang Yi di Bali jadi sejarah, Indonesia patut bersyukur
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News