Amerika Meradang, Janji Tekan Rusia saat Pertemuan Menlu G20 di Bali

Rabu, 06 Juli 2022 – 11:44 WIB
Amerika Meradang, Janji Tekan Rusia saat Pertemuan Menlu G20 di Bali - JPNN.com Bali
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara selama konferensi pers bersama dengan menteri luar negeri Lithuania di Vilnius, Lituania. Foto: ANTARA/Olivier Douliery/Pool via REUTERS

bali.jpnn.com, WASHINGTON DC - Amerika Serikat (AS) blak-blakan tidak menyukai Rusia.

Oleh karena itu, pada pertemuan tingkat menteri luar negeri G20 di Bali, Jumat (8/7) lusa, Amerika Serikat mengajak  negara-negara lain untuk menekan Rusia.

Amerika Serikat juga mendukung upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membuka kembali jalur laut yang terblokir karena konflik Ukraina.

Selain fokus ke Rusia, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengulang peringatan terhadap China agar tidak membantu upaya Rusia berperang saat bertemu di Bali.

Ramin Toloui, asisten menteri luar negeri urusan ekonomi dan bisnis, mengatakan kepada Reuters bahwa Antony Blinken akan membahas masalah keamanan energi.

Hal lain yang dibahas adalah inisiatif PBB untuk mengupayakan pangan dan pupuk dari Ukraina dan Rusia bisa kembali masuk ke pasar global.

"Negara-negara G20 harus membuat Rusia mempertanggungjawabkan tindakannya dan menekan negara itu agar mendukung upaya PBB yang sedang berlangsung untuk membuka kembali jalur laut bagi pengiriman biji-bijian," kata Toloui.

Ukraina, yang menuduh Rusia memblokade pergerakan kapal-kapalnya, mengatakan pekan ini sedang melakukan pembicaraan dengan Turki dan PBB untuk menjamin kelancaran ekspor biji-bijian.

Amerika Serikat Meradang, Menlu Antony Blinken janji menekan Rusia saat pertemuan Menlu G20 di Bali
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News