Tersangka AMD Selundupkan 48,3 Kg Bahan Peledak ke Bali, Diciduk saat Sandar di Celukan Bawang

Rabu, 15 September 2021 – 18:50 WIB
Tersangka AMD Selundupkan 48,3 Kg Bahan Peledak ke Bali, Diciduk saat Sandar di Celukan Bawang - JPNN.com Bali
Dirpolair Korpolairud Polri Brigjen Yassin Kosasih merilis penangkapan tersangka AMD di Pelabuhan Celukan Bawang yang menyelundupkan 48,3 kg bahan peledak ke Bali. Foto: Antara/Laily Rahmawaty

bali.jpnn.com, DENPASAR - Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Bali mengamankan seorang pria berinisial AMD, Sabtu (11/9) lalu pukul 09.00 Wita.

AMD diamankan di atas KM Nadelyn yang berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Gerokgak, Buleleng, Bali.

Dari tangan AMD yang baru berlayar dari Pulau Sapekan, Madura, polisi mengamankan 48,36 kilogram bahan peledak jenis potasium yang digunakan untuk bom ikan.

“Kami awasi saat yang bersangkutan berlayar dari Sapeken ke Bali.

Di dalam tasnya kami temukan 49 kg bahan peledak low explosive,” ujar Dirpolair Korpolairud Polri Brigjen Yassin Kosasih, di Mako Ditpolair Baharkam Polri, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (15/9).

Aparat Ditpolair Baharkam Polri kemudian menggelandang tersangka AMD ke Mako Ditpolair Polda Bali untuk diinterograsi.

"Ternyata tersangka AMD ini sudah 16 kali melakukan perjalanan dan baru kali ini tertangkap di Bali," kata Brigjen Yassin Kosasih.

Berdasar hasil pemeriksaan Laboratorium Forensik Polda Bali, barang yang dibawa AMD diduga kuat sebagai bahan peledak low explosive yang digunakan untuk bom ikan.

Ditpolair Polda Bali mengamankan tersangka AMD yang menyelundupkan 48,3 kg bahan peledak ke Bali. AMD diciduk di Pelabuhan Celukan Bawang