Temuan Densus 88: Rekrutmen NII Sumbar Masif, Pergerakannya Mengerikan

Senin, 18 April 2022 – 17:14 WIB
Temuan Densus 88: Rekrutmen NII Sumbar Masif, Pergerakannya Mengerikan - JPNN.com Bali
Ilustrasi - Densus 88 mengamankan terduga pelaku teror yang melibatkan kelompok NII. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

bali.jpnn.com, JAKARTA - Penyidik Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengungkapkan tersangka jaringan Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatera Barat berupaya untuk melengserkan pemerintah yang berdaulat sebelum tahun Pemilu 2024.

Fakta itu terungkap setelah Densus 88 Antiteror Polri melakukan penegakan hukum terhadap 16 orang anggota jaringan NII di dua tempat di Provinsi Sumatra Barat, tepatnya di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Tanah Datar, Maret 2022 lalu.

Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengatakan penegakan hukum terhadap anggota jaringan NII di Provinsi Sumatra Barat dilakukan sebagai salah satu upaya mengungkap struktur dan menekan perkembangan jaringan NII baik di tingkat kewilayahan hingga ke pusat.

“Hal ini penting dilakukan mengingat perkembangan jaringan NII sudah tersebar masif di berbagai wilayah di Indonesia, antara lain di Jakarta, Tangerang, Jawa Barat, Bali, Sulawesi, Maluku, dan juga Sumatra Barat,” kata Kombes Aswin.

Menurut Kombes Aswin, khusus wilayah Sumatera Barat, para tersangka yang sudah ditangkap memberikan keterangan bahwa struktur NII berada pada tingkat cabang/kecamatan atau CV IV/Padang dalam istilah organisasi terlarang itu.

Mereka memiliki anggota mencapai 1.125 orang, di mana sekitar 400 orang di antaranya merupakan personel aktif dan selebihnya nonaktif.

Personel nonaktif ini sudah berbaiat, tetapi belum aktif dilibatkan dalam kegiatan NII yang sewaktu-waktu bisa diaktifkan apabila perlu.

NII Cabang IV/Padang terbagi dalam 5 ranting/UD yang masing-masing beranggota sekitar 200 orang.

Temuan Densus 88 Antiteror Polri: rekrutmen jaringan NII Sumatra Barat berjalan masif, pergerakannya mengerikan menyasar hingga ke kecamatan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News