Jamaruli Pastikan Petugas UPT Imigrasi Bali Tidak Terlibat Praktik Mafia Visa, Klir

Rabu, 23 Februari 2022 – 10:47 WIB
Jamaruli Pastikan Petugas UPT Imigrasi Bali Tidak Terlibat Praktik Mafia Visa, Klir - JPNN.com Bali
Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk. (Sentot Prayogi/JPNN.com)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali Jamaruli Manihuruk memastikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Imigrasi Bali tidak mungkin terlibat mafia visa.

Dasarnya permohonan visa diajukan oleh pemohon atau penjamin langsung melalui aplikasi visa online ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi dan tidak melibatkan petugas di Bali.

“Melihat alurnya, keterlibatan petugas pada UPT Imigrasi di Bali tidak mungkin terjadi,” ujar Jamaruli Manihuruk.

Pihak Imigrasi juga tidak mengetahui penentuan harga visa dari agen perjalanan wisata lantaran tidak terlibat dalam pengajuan permohonan tersebut.

"Terkait apa yang pihak agen lakukan dalam mematok (jalur) ekspres dan ekspres VIP hingga jutaan, kami tidak mengetahuinya karena kami tidak terlibat dalam pengajuan permohonan tersebut," dalihnya.

Jamaruli Manihuruk kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk mengajukan permohonan visa melalui aplikasi visa online secara langsung ke Ditjen Imigrasi Kemenkumham tanpa melalui agen.

Hal itu untuk menghindari adanya permainan harga visa oleh oknum agen perjalanan.

Jamaruli menegaskan jika menggunakan agen perjalanan dan biaya pembuatan visa antara pemohon dan agen telah disepakati, maka seharusnya tidak ada yang dirugikan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk memastikan petugas UPT Imigrasi Bali tidak terlibat praktik mafia visa, klir
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News